Kunjungi Pesantren di Rembang, Arwani Sosialisasikan Empat Pilar MPR

0
31
Sosialisasi Empat Pilar MPR RI di Pondok Pesantren Al-Musthofa di Desa Lodan Wetan, Kecamatan Sarang, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, Minggu (7/4/2019). (Foto: HM/Alf)

REMBANG – Anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Arwani Thomafi berkunjung ke Pondok Pesantren Al-Musthofa di Desa Lodan Wetan, Kecamatan Sarang, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, Minggu (7/4/2019). Dalam kesempatan itu, ia bertemu dengan kiai dan para santri.

Selain untuk keperluan silaturrahmi, Arwani menyambangi Pondok Pesantren Al-Musthofa dalam rangka menyampaikan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI kepada para santri dan tokoh masyarakat setempat. Ia mengajak masyarakat setempat untuk menjaga dan mengamalkan empat pilar.

“Empat pilar dirumuskan sedemikian sehingga semua budaya dan kekayaan bangsa ini tetap terjaga. Semangat yang tertuang dalam semboyan bangsa yaitu Bhinneka Tunggal Ika merupakan wujud untuk mempersatukan semua elemen bangsa,” kata anggota Komisi I DPR itu.

Ia juga menyampaikan alasan dirinya gencar melakukan sosialisasi Empar Pilar MPR di pondok pesantren. Menurut dia, pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan yang memiliki peran besar dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia merebut kemerdekaannya dari para penjajah.

“Kalangan santri pada masa penjajahan ikut bersama berjuang melawan penjajah. Bahkan, para santri juga ikut merumuskan kemerdekaan bersama para tokoh bangsa dari berbagai latar belakang. Karena itu, santri saat ini juga punya tanggung jawab menjaga empat pilar,” ucapnya.

Dia menambahkan, bahwa kesatuan bangsa ada dalam bentuk pilar Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Kemudian, diatur dalam pilar Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik 1945 agar dalam bermasyarakat tetap mengutamakan etika dan tidak melanggar norma. (alf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here