Arwani Ingatkan Bahaya Penyebaran Hoax di Media Sosial

0
34
Silaturrahmi dan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI di STAI Al-Anwar Sarang, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, Sabtu (6/4/2019). (Foto: HM/Alf)

REMBANG – Ketua Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) MPR RI Arwani Thomafi mengingatkan kepada masyarakat bahaya yang ditimbulkan dari tindakan memproduksi dan menyebarkan hoax. Selain menyesatkan, hoax juga dapat mengancam persatuan dan kesatuan bangsa.

“Konten hoax sangatlah berbahaya bagi kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara,” kata Arwani dalam kegiatan Silaturrahmi dan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI bersama dosen dan mahasiswa STAI Al-Anwar Sarang, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, Sabtu (6/4/2019).

Karena itu, dia mengajak kepada para mahasiswa agar menghindari dan ikut mencegah penyebaran hoax di tengah masyarakat. Ia juga mengingatkan konsekuensi hukum bagi pembuat maupun penyebar konten hoax sebagaimana telah diatur dalam undang-undang yang berlaku.

“Undang-undang sudah melarang penyebaran konten hoax. Konten lain yang berbau SARA, fitnah dan ujaran kebencian juga termasuk dari bagian yang di larang di dalam undang-undang. Siapa pun yang memproduksi dan menyebarkan hal tersebut akan terkena pidana,” ujarnya.

Dia menambahkan, bahwa perkembangan teknologi yang begitu pesat dapat membawa dampak positif dan negatif bagi kehidupan masyarakat. Dengan demikian, maka masyarakat diminta untuk lebih berhati-hati dalam menyikapi informasi apapun yang beredar di media sosial.

“Informasi apapun yang masuk ke media sosial harus di baca dan ditelusuri dulu sumbernya. Harus dilihat apakah valid atau hanya sekedar karangan saja. Yang harus diperhatikan, jangan hanya melihat apa isi dari informasi itu, tetapi juga harus tahu siapa pembuatnya,” pungkas Arwani. (alf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here