Empat Pilar Solusi Atasi Radikalisme dan Intoleransi

0
84
Ketua Fraksi PPP MPR RI Arwani Thomafi dalam kegiatan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI di Pondok Pesantren Al-Hamidiyah, Kecamatan Lasem, Rembang, Jumat (15/3/2019). (Foto: HM/Alf)

REMBANG – Empat Pilar Kebangsaan yang terdiri atas Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhinneka Tunggal Ika diyakini sebagai solusi dalam mengatasi penyebaran radikalisme dan intoleransi.

Hal itu disampaikan Ketua Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) MPR RI Arwani Thomafi dalam kegiatan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI di Pondok Pesantren Al-Hamidiyah, Kecamatan Lasem, Rembang, Jumat (15/3/2019).

“Inilah yang dapat membendung radikalisme dan intoleransi tersebut. Pengamalan nilai-nilai Empat Pilar MPR RI akan mampu menjadi solusi efektif dalam menghadapi tantangan dan ancaman itu,” kata Arwani.

Lebih lanjut, dia menjelaskan, sejak awal berdirinya NKRI para pendiri negara menyadari bahwa bangsa Indonesia merupakan bangsa yang majemuk, yang terdiri atas berbagai suku bangsa, adat istiadat, budaya, bahasa, serta agama yang berbeda-beda.

“Dengan keanekaragaman tersebut, mengharuskan setiap langkah dan kebijakan negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara diarahkan untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa,” ujarnya.

Untuk itu, maka pemahaman tentang peran dan fungsi empat pilar harus dilakukan secara intensif, terstruktur, sistematis, dan masif . Bahkan, diperlukan pemberian pemahaman secara khusus dalam dunia pendidikan. (alf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here