Semangat Bhinneka Tunggal Ika Harus Terus Disosialisasikan

0
59
Sosialisasi Empat Pilar MPR RI bersama aktivis madrasah diniyah di Desa Pulokulon, Kecamatan Pulokulon, Grobogan, Jumat (8/2/2019). (Foto: HM/Alf)

GROBOGAN – Ketua Fraksi PPP MPR RI Arwani Thomafi mengaku prihatin dengan memudarnya semangat Bhinneka Tunggal Ika di kalangan generasi muda. Ia mengajak kepada semua elemen masyarakat untuk terus menanamkan semangat Bhinneka Tunggal Ika.

“Semangat itu penting untuk terus disosialisasikan lagi secara intensif kepada masyarakat kita, terutama kepada generasi muda,” kata Arwani dalam Sosialisasi Empat Pilar bersama aktivis madrasah diniyah di Desa Pulokulon, Kecamatan Pulokulon, Grobogan, Jumat (8/2/2019).

Menurut dia, saat ini banyak anak muda yang sudah tidak mengenal dan memahami makna dari semboyan Bhinneka Tunggal Ika. Akibatnya, mereka cenderung individualis, mengedepankan perbedaan dan tidak lagi berpegang pada sikap semangat gotong-royong.

“Kita sebagai orang tua, sebagai tokoh masyarakat dan guru madrasah diniyah punya tanggung jawab menanamkan semangat Bhinneka Tunggal Ika pada anak-anak kita dan kepada generasi muda. Jangan sampai para generasi muda kita meninggalkan itu,” ujarnya.

Lebih lanjut, Arwani mengatakan, semangat persatuan melalui Bhinneka Tunggal Ika penting untuk dinyalakan kembali di hati anak bangsa. Kuncinya, bagaimana memerankan nilai-nilai kebhinekaan dalam wawasan nusantara untuk persatuan dan kesatuan bangsa.

“Sebagai semboyan Negara Kesatuan Republik Indonesia, konsep Bhineka Tunggal Ika bukan hanya fokus pada perbedaan agama dan kepercayaan, tapi mencakup perbedaan budaya, beda pulau dan sejumlah perbedaan yang lain,” tukasnya. (alf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here