Gelar Sosialisasi Empat Pilar di Klambu, Arwani: Pancasila Perkokoh NKRI

0
38
Silaturrahmi dan Sosialisasi Epat Pilar MPR RI Ketua Fraksi PPP MPR Arwani Thomafi bersama tokoh masyarakat dan penggerak pendidikan di balai pertemuan masyarakat Desa Klambu, Kecamatan Klambu, Kabupaten Grobogan, Rabu (6/2/2019). (Foto: HM/Alf)

GROBOGAN – Ketua Fraksi PPP MPR RI Arwani Thomafi menekankan pentingnya Pancasila sebagai ideologi bangsa dan negara Indonesia. Selain sebagai dasar negara, Pancasila memiliki peran yang sangat penting dalam memperkokoh Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Penekanan itu disampaikan Arwani dalam kegiatan Silaturrahmi dan Sosialisasi Epat Pilar MPR RI bersama tokoh masyarakat dan penggerak pendidikan di balai pertemuan masyarakat Desa Klambu, Kecamatan Klambu, Kabupaten Grobogan, Rabu (6/2/2019).

“Pancasila sebagai ideologi bangsa dan negara Indonesia itu sangat penting, karena ideologi merupakan alat yang paling ampuh untuk menciptakan negara yang kokoh, bermartabat dan berbudaya tinggi,” kata Arwani.

Menurut anggota Komisi I DPR RI itu, suatu bangsa akan rapuh dan kehilangan jati diri tanpa ditopang dengan adanya ideologi. Pancasila sebagai sumber nilai menunjukkan identitas bangsa Indonesia yang memiliki nilai kemanusiaan luhur.

“Hal itu menandakan bahwa dengan Pancasila bangsa ini menolak segala bentuk penindasan, penjajahan di muka bumi ini dari satu bangsa terhadap bangsa yang lain. Itu jelas disebutkan dalam konstitusi kita, yakni UUD 1945,” jelasnya.

Arwani berharap ideologi Pancasila mampu membawa bangsa Indonesia menjadi bangsa yang unggul di antara bangsa-bangsa di dunia. Ideologi tersebut juga diharapkan mampu untuk membangkitkan kesadaran bangsa.

“Tidak hanya negara yang menganut ideologi Pancasila, tetapi juga masyarakat, termasuk dalam bertingkah laku supaya cita-cita yang diharapkan oleh masyarakat tersebut dapat terwujud dengan benar,” pungkasnya. (alf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here