Arwani Sosialisasikan Empat Pilar di Desa Gubug Grobogan

0
50
Ketua Fraksi PPP MPR RI Arwani Thomafi menyampaikan sosialisasi Empat Pilar MPR RI di Desa Gubug, Kecamatan Gubug, Grobogan, Sabtu (2/2/2019). (Foto: HM/Alf)

GROBOGAN – Ketua Fraksi PPP Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR RI), Arwani Thomafi, menyampaikan Sosialisasi Empat Pilar MPR kepada tokoh masyarakat dan aktivis peduli pertanian di Grobogan. Kegitan ini digelar di Basecamp Bengkel Tani Jaya Gubug, Kecamatan Gubug, Kabupaten Grobogan, Sabtu (2/2/2019).

Berbagai pertanyaan disampaikan peserta sosialisasi yang terdiri atas petani dan tokoh masyarakat tersebut, salah satunya berkaitan dengan peranan Pancasila bagi bangsa ini, baik sebagai dasar negara maupun sebagai jiwa bangsa Indonesia.

Menanggapi sejumpah pertanyaan peserta, Arwani mengatakan, bahwa Pancasila memiliki fungsi, peranan dan makna yang luas dalam kehidupan masyarakat, bangsa dan negara.

“Pancasila sebagai dasar negara Indonesia dan pandangan hidup bangsa Indonesia merupakan sebuah tuntunan bagi setiap elemen-elemen negara yang wajib dijadikan pedoman dalam hidup,” kata Arwani.

Dia juga menjelaskan fungsi dan peranan Pancasila yang terus berkembang, karena Pancasila merupakan ideologi yang terbuka yang dapat digunakan dalam setiap zaman selama tidak bersinggungan dengan nilai-nilai Pancasila itu sendiri.

“Fungsi dan Peranan Pancasila terus berkembang sesuai dengan tuntutan zaman sehingga Pancasila mempunyai predikat yang menggambarkan fungsi dan peranannya,” jelasnya.

Disamping itu, Arwani juga mengajak kepada masyarakat agar mengaplikasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Hal itu dipandang penting guna mencapai tujuan hidup berbangsa dan bernegara.

“Pancasila tidak cukup hanya dihafalkan dan dipahami saja, tapi yang lebih penting bagaimana menjalankan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila itu sendiri,” pungkasnya. (alf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here