Jaga Kerukunan Jelang Pemilu 2019

0
91
Dengar Pendapat Masyarakat (DPM) Ketua Fraksi PPP MPR RI Arwani Thomafi bersama Majelis Dakwan dan Pendidikan Islam (MADANI) di Rembang, Selasa (22/1/2019). (Foto: HM/Alf)

REMBANG – Indonesia akan melaksanakan pemilihan presiden dan wakil presiden (pilpres) dan pemilihan legislatif (pileg) secara serentak pada 17 April 2019 mendatang. Potensi konflik kerap terjadi pada tahun politik karena dipicu adanya perbedaan pilihan.

Karena itu, Ketua Fraksi PPP MPR RI Arwani Thomafi mengajak kepada masyarakat dan umat beragama di Kabupaten Rembang untuk saling menjaga kerukunan berbangsa. Dia juga berharap rakyat Indonesia yang plural bisa bersatu demi demokrasi yang sehat.

“Jangan sampai karena pesta demokrasi ini kita saling gontok-gontokan,” kata Arwani dalam Rapat Dengar Pendapat Masyarakat (DPM) bersama anggota dan pengurus Majelis Dakwah dan Pendidikan Islam (MADANI) di Kabupaten Rembang, Selasa (22/1/2019).

Dia mengatakan, perbedaan pilihan dalam pemilu memang sangat rentan terjadi gesekan di lapangan, karena masing-masing pendukung saling menonjolkan pilihannya. Tidak hanya itu, perbedaan pilihan politik dapat memicu ketegangan dan tindakan intimidasu di antara pendukung.

Situasi seperti itu, lanjut Arwani, tidak hanya terjadi di kehidupan sehari-hari, tapi bisa juga terjadi di media sosial. Namun demikian, dia meyakini masyarakat dan umat beragama di Rembang sudah dewasa menyikapi perbedaan pilihan pada pemilu nanti.

“Saya berharap pemilu kali ini dapat menjadi pengalaman untuk pelaksanaan pemilu yang berkualitas, dimana setiap warga negara sepatutnya dapat menghargai adanya perbedaan pilihan, baik itu dalam memilih presiden maupun anggota legislatif,” ujarnya.

Dia juga memastikan, setiap pemilih sudah dijamin hak pilihnya dalam undang-undang, sehingga di antara pemilih tidak bisa memaksakan pilihannya kepada pemilih yang lain. Di samping itu, Indonesia sudah melaksanakan beberapa pemilu sejak negara ini merdeka. (alf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here