Arwani Ajak Masyarakat Grobogan Gaungkan Nilai-nilai Pancasila

0
149
Sosialisasi Empat Pilar MPR RI bersama tokoh masyarakat dan santri di Aula Pondok Pesantren AL Marom  Menduran, Kecamatan Brati, Grobogan, Jawa Tengah, Minggu (16/9/2018). (Foto: HM/Alf)

GROBOGAN – Ketua Fraksi PPP MPR RI Arwani Thomafi mangajak kepada masyarakat di Grobogan, Jawa Tengah, untuk menggaungkan kembali nilai-nilai Pancasila, terutama di kalangan para generasi muda.

Hal itu disampaikan politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu dalam Sosialisasi Empat Pilar MPR RI bersama tokoh masyarakat dan santri di Aula Pondok Pesantren AL Marom  Menduran, Kecamatan Brati, Grobogan, Jawa Tengah, Minggu (16/9/2018).

“Tidak lama lagi pada 1 Oktober 2018 mendatang kita akan memperingati Hari Kesaktian Pancasila. Mari kita jadikan Hari Kesaktian Pancasila sebagai momentum untuk menggencarkan dan menggaungkan nilai-nilai Pancasila kepada anak muda kita,” kata Arwani.

Menurut dia, di era globalisasi sekarang ini Pancasila sebagai landasan dasar berbangsa dan bernegara tengah menghadapi tantangan besar, salah satunya yakni gencarnya budaya luar yang masuk dan mempengaruhi para generasi penerus bangsa.

Akibatnya, tingkat ketertarikan anak muda untuk memahami Pancasila semakin rendah. Kondisi ini dipandang sebagai sebuah tantangan besar bagi seluruh elemen bangsa untuk mengembalikan minat anak muda untuk mempelajari dan mempraktikkan nilai Pancasila.

“Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah mulai mengenalkan nilai-nilai Pancasila kepada anak-anak kita mulai sejak dini, terutama dalam lingkungan keluarga. Kemudian, menggalakkan kembali penanaman nilai Pancasila dalam lingkungan sehari-hari,’ ujarnya.

Namun hal yang tidak kalah penting, tambahnya, yakni memberikan porsi yang cukup dalam mata pelajaran yang diajarkan di sekolah-sekolah, agar Pancasila sebagai dasar negara dipahami dan dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari. (alf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here