Anggota MPR Arwani Thomafi Ajak Tokoh Masyarakat Jaga Keberagaman

0
191
Sosialisasi MPR RI bersama Tokoh Masyarakat di Pondok Pesantren Al-Hamidiyah, Rembang, Selasa (10/7/2018). (Foto: HM/Alf)

REMBANG – Anggota MPR RI Arwani Thomafi mengajak kepada tokoh masyarakat di Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang, agar terus menjaga keberagaman, mengingat bangsa dan negara Indonesia terdiri dari beragam suku bangsa hingga agama.

“Keberagaman merupakan keniscayaan yang harus dijaga, sehingga perbedaan yang ada menjadi suatu kekayaan yang dimiliki oleh bangsa ini,” kata Arwani dalam kegiatan Sosialisasi MPR RI bersama Tokoh Masyarakat di Pondok Pesantren Al-Hamidiyah, Rembang Selasa (10/7/2018).

Selain dihadiri tokoh masyarakat, kiai dan para para santri Pondok Pesantren Al-Hamidiyah, Lasem, Rembang, tanpak juga hadir Dosen STAI AL-Anwar Saran Ahmad kholid suyono, SH, MH, selaku narasumber dalam kegiatan tersebut.

Arwani mengatakan, bahwa Indonesia merupakan negara kepulauan yang terdiri atas pulau-pulau yang dibatasi oleh laut dan selat. Sebagai sebuah negara kepulauan yang terdiri dari banyak etnis dan budaya, Indonesia menghadapi berbagai kemungkinan adanya ancaman.

Karena itu, ia mengajak kepada seluruh tokoh masyarkat dan masyarakat setempat untuk terus memupuk komitmen persatuan dalam keberagaman, seperti saling menghormati antaragama dan keyakinan, serta menghargai perbedaan budaya.

“Sebagai sebuah bangsa yang terdiri dari beragam suku, etnis dan budaya, tidak jarang terjadi konflik yang dapat memicu perpecahan antar masyarakat. Perpecahan dalam suatu bangsa hanya dapat diselesaikan dengan integrasi nasional,” ujarnya.

Untuk itu, masyarakat Indonesia harus bisa menerapkan Integrasi nasional dalam menghadapi masalah bangsa yang dapat memicu perpecahan, serta berpegang peda semboyan berbeda-beda tapi tetap satu jua atau Bhinneka Tunggal Ika. (alf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here