Indonesia Dukung Perdamaian di Semenanjung Korea

0
258
Presiden Jokowi bersama Dubes Korsel Kim Chang-beom dan Korut An Kwang Il, di Istana Merdeka, Jakarta. (Foto: HM/Tj)

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, Indonesia sangat mendukung upaya perdamaian yang sedang dijajaki oleh Presiden Korea Selatan Moon Jae-In dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un.

“Tadi saya baru saja mengadakan pertemuan dengan Bapak Duta Besar Korea Utara dan Bapak Duta Besar Korea Selatan yang intinya Indonesia sangat mendukung proses perdamaian yang ada,” kata Jokowi dihadapan dua dubes Korsel Kim Chang-beom dan Korut An Kwang Il, di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (30/4/2018)

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menjelaskan, Indonesia berharap agar proses perdamaian kedua belah pihak bisa dilanjutkan dalam sebuah kesepakatan-kesepakatan yang berdampak pada proses perdamaian di kawasan dan tentu di seluruh dunia.

“Beliau tadi menceritakan akan ada proses tindak lanjut dari pertemuan kedua presiden baik dalam nantinya pertukaran keluarga-keluarga yang terpisah, juga proses-proses dalam pembangunan kantor untuk penghubung komunikasi dari Korea Selatan dan Korea Utara,” imbuhnya.

Lebih lanjut, dalam pertemuan dengan duta besar kedua negara itu, Jokowi menyampaikan, bila dibutuhkan, Indonesia sangat siap untuk berperan serta proses perdamaian tersebut .

“Indonesia juga siap memfasilitasi rencana pertemuan antara Presiden Kim Jong-un dengan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump,” tukas dia. (tj)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here