Kapolda DIY Beri Dana Pembinaan Pada Suporter Tersantun LSN Regional DIY

0
535
Kapolda DIY Brigjen Ahmmad Dofiri MSI membuka Liga Sepak Bola Santri Nusantara Region DIY. (Foto: Dok. HM)

YOGYAKARTA – Pertandingan grand final Liga Santri Nusantara (LSN) Tahun 2017 Regional DI Yogyakarta yang mempertemukan PP Nurul Iman FC Sorogenen Bantul dengan PP As-Salam FC di Stadion Sultan Agung, Senin (18/9/2017), berlangsung cukup sengit.

Laga keduanya harus melalui tendangan adu penalti, hingga akhirnya PP. Nurul Iman FC Sorogenen Bantul keluar sebagai juara. Kedua tim sama-sama menunjukkan petmainan terbaiknya.

Nurul Iman FC memulai keunggulan dimenit ke-3. Gol yang berawal dari tendangan pojok berhasil dimaksimalkan oleh M. Faris Ridwan hingga berbuah gol. Sementara Gol balasan PP As-Salam FC baru tercipta di menit ke-30 melalui sepakan keras Andriyansyah dari luar kotak penalti.

Hingga wasit membunyikan pluit panjang babak kedua, tidak ada satu pun gol tambahan. Skor imbang memaksa kedua tim menjalani adu tendangan penalti.

Nurul Iman FC mendapat kesempatan menendang bola pertama melalui M. Faris Ridwan, tapi sayang sepakan kaki kanannya melambung di tiang kiri gawang. Penendang pertama, Raihan Abdul H dari kesebelasan PP As-Salam berhasil dan bola bersarang sempurna di gawang PP. Nurul Iman FC.

Eksekutor kedua Nurul Iman, Muhammad Hanif berhasil melesakkan bola ke gawang yang dijaga oleh Sadam Bani Sumantri. Sementara kiper andalan Nurul Iman, Taufik Yulianto berhasil menepis tendangan keras Lintang Ariyo. Pemain bernomor punggung 10 tersebut gagal memberi poin timnya.

Kepercayaan diri para pemain Nurul Iman FC bertambah, setelah eksekutornya berhasil mengecoh kiper As-Salam FC, ditambah ketika penendang ketiga kesebelasan dari Kecamatan Kerisan-Sleman tersebut melambung jauh di atas gawang Nurul Iman.

M. Arif memastikan Langkah juara tim asuhan Hardiyanto tersebut, setelah sepakan kaki kanannya berhasil bersarang di gawang PP. As-Salam FC. Skor akhir menjadi 3-5 dengan PP. Nurul Iman FC keluar sebagai juara Liga Santri Nusantara 2017 Region D.I. Yogyakarta.

Dengan demikian, PP Nurul Iman berhak mengangkat trophy Gubernur D.I. Yogyakarta “Sri Sultan HB X” yang penyerahannya diwakili oleh anggota Bapak Agus Sulistiyono selaku penasehat LSN DIY. Sementara, PP. As-Salam menjadi juara runner-up dan berhak mendapatkan Trophy Bupati Bantul.

Sedangkan juara 3 dan 4, masing-masing didapatkan oleh PP. Nur Iman United dengan Trophy dari Wakil Bupati Bantul dan PP. Ar- Romli mendapat Trophy dari RMI (Robithah Ma’ahid Islamiyah) D.I. Yogyakarta yg diserahkan langsung oleh ketua RMI, K.H. Fairuzi Afiq Dalhar.

Tampak hadir Kapolres Bantul AKBP Imam Kabut Sariadi. Dalam kesempatan itu, Kapolres menyerahkan Trophy Bupati Bantul kepada tim Juara Runner-up.

Kompetisi LSN 2017 Region DIY kali ini juga memberikan Trophy penghargaan kepada Supporter Tersantun dan Terbaik. Trophy khusus terdebut diberikan oleh Kapolda D.I. Yogyalarta Brigjen Pol Ahmad Dofiri.

Kapolda berharap pesan Kamtibmas dapat disampaikan melalui kompetisi Liga Santri Nusantara. Supporter LSN juga diharapka  bisa memberi contoh terhadap supporter persepakbolaan tanah air, dengan semarak lantunan shalawat di setiap laga.

Koordinator Region LSN 2017 DI Yogyakarta, Kiai Umaruddin Masdar menyampaikan, bahwa trophy khusus supporter Tersantun-Terbaik diberikan sebagai bentuk apresiasi Kapolda kepada para santri. “Sengaja Pak Kapolda memberi apresiasi kepada supporter pesantren yang setiap laga berperilaku baik dan melantunkan sholawat, dzikir dan lagu-lagu menyejukkan hati, bukan mengolok-olok satu sama lainnya,” kata Kiai Umar.

Dengan demikian, sepak bola bisa berlangsung khidmat dan penuh spiritual. “Jadi yang dikejar tidak hanya juara, tetapi juga Ridho Ilahi dan para ulama,” tambah Pria, yang juga menjadi Koordinator Nasional Densus 26 itu penuh semangat.

Khusus supporter Tersantun dan Terbaik, panitia mengambil tiga kriteria. Pertama, kekompakan supporter, kedua kreativitas yel-yel yang dibawakan dan yang ketiga adalah perilaku supporter disetiap mendampingi timnya dalam berlaga. (alf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here