Bupati Banggai Promosikan Tenun Nambo di New York Fashion

0
721
Bupati Banggai Herwin Yatim (kanan) bersama tokoh muda Sulteng Abdul Rachman Thaha (ART). (Foto: HM/Alf)

JAKARTA – Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah, mendapat kesempatan untuk mempromosikan produk lokal khas daerah setempat, yakni kain Tenun Nambo dalam event “New York Fashion 2017” yang digelar di New York Amerika Serikat.

Hal itu disampaikan Bupati Banggai Herwin Yatim sehari sebelum bertolak ke Amerika Serikat, di Jakarta, Selasa (12/9/2017). Untuk itu, Herwin rencananya akan berangkat ke New York Amerika Serikat, Rabu (13/9/2017).

“Insya Allah saya akan berangkat besok, Rabu (13/9), ke Amerika Serikat. Kegiatan ini akan berlangsung sampai 22 September 2017 mendatang,” kata Herwin kepada HalunMerdeka.com.

Dia menjelaskan, keberangkatan dirinya ke Amerika Serikat dalam rangka untuk mempromosikan kain khas Banggai di acara tersebut. Dia berharap kain Tenun Nambo sebagai salah satu warisan budaya daerahnya juga dikenal di dunia.

“Kabupaten Banggai termasuk salah satu daerah di Indonesia yang diberikan kesempatan dan kemudahan untuk mempromosikan kain Tenun Nambo di New York Fashion 2017,” terang Herwin.

Sementara itu, tokoh muda Sulawesi Tengah Abdul Rachman Thaha (ART) mendukung upaya Bupati Banggai dalam mempromosikan produk lokal khas Banggai. Upaya itu diharapkan dapat memdorong pengembangan produk lokal.

“Saya kira itu adalah kesempatan yang harus dimaksimalkan oleh Kabupaten Banggai untuk mengenalkan produk kerajinan lokal daerah setempat kepada dunia internasional. Sehingga macu pengambangan produk lokal,” kata ART.

Apalagi, tambah ART, selama ini tenun Nambo hanya dikenal kalangan terbatas sebagai pakaian resmi untuk acara formal seperti menghadiri pernikahan. Tapi lewat acara New York Fashion ini, diharapkan Tenun Nambo dikenal di dunia. (alf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here