Kebijakan Bebas Visa Bikin PNBP Turun Rp 1 Triliun

0
628
Wisatawan asing

JAKARTA – Kebijakan bebas visa untuk warga negara asing yang diterapkan pemerintahan Jokowi-JK justru membuat penerimaan negara bukan pajak (PNBP) melorot hingga 52 persen atau senilai Rp 1 triliun.

“Dengan adanya kebijakan bebas visa, menjadi turun 52 persen, dulu lebih dari Rp2 triliun sekarang hanya memperoleh sekitar Rp1 triliun saja,” kata Kasubdit Izin Tinggal Ditjen Imigrasi Hendro Tri Prasetyo seperti dilansir dari Antara, Jumat (20/1/2017).

Hendro mengatakan, kebijakan bebas visa ditujukan untuk meningkatkan wisatawan asing ke dalam negeri. Namun, faktanya peningkatan jumlah wisatawan asing ke Indonesia dikatakan tidak terlalu signifikan.

Malah, berdasarkan data Ditjen Imigrasi, kasus pelanggaran izin tinggal “overstay” secara keseluruhan sampai 24 Desember 2016 mencapai 26.449 untuk izin tinggal kunjungan.

Sementara itu, di tengah isu akan derasnya migrasi tenaga kerja ilegal asal Tiongkok, Hendro mengungkapkan ada 8.032 wisatawan Tiongkok yang melanggar izin tinggal kunjungan dan 4.753 kasus “overstay” bebas visa kunjungan. Adapun jumlah warga negara Tiongkok yang terkena pro justitia atau penegakan hukum baru 38 persen atau 126 orang.

Jenis tindakan pidana keimigrasian yang banyak dilanggar WNA antara lain tidak dapat memperlihatkan paspor atau izin tinggal, menyalahgunakan izin tinggal dan tidak masuk melalui tempat pemeriksaan imigrasi (TPI). (ant/wan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here